Menjadi Prioritas Nasional, Pertanian Jadi Salah Satunya

zehrabilgisayar.net, Pertanian – Sektor pertanian menjadi salah satu prioritas nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2045. Namun, meski sektor pertanian menjadi salah satu prioritas, masih banyak tantangan yang harus dihadapi di sektor tersebut.

Yang akan menjadi salah satunya sektor tersebut yaitu adalah peningkatan kinerja ekspor sektor tersebut. Tercatat, pada tahun 2018, total ekspor komoditas pertanian Indonesia mencapai USD23,86 miliar, turun sekitar 10,19% dibandingkan pada tahun 2017.

“Dari tahun 2017 hingga 2019, kontribusi sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan terhadap PDB juga mengalami penurunan. Meskipun, kontribusi subsektor perikanan dan hortikultura mengalami peningkatan,” Kata Direktur Badan Pusat Statistik(BPS) Eka Chandra Buana.

Eka menjelaskan bahwa kapasitas produksi pangan semakin menurun. Hal ini, jelas dia, disebabkan lahan yang semakin terbatas, dan upaya perluasan lahan masih terkendala dan kesuburan pun menurun.

Di sisi lain, permintaan pangan semakin meningkat. Penduduk Indonesia tumbuh secara positif 1,1% per tahun, dan permintaan untuk non-pangan seperti pakan dan bio-energi juga meningkat.

“Kualitas permintaan pangan juga dituntut semakin sehat dan aman, hal ini didorong oleh tingkat pendapatan, pendidikan, dan pengetahuan gizi yang semakin meningkat,” Jelas Eka.