Kementan Akan Meningkatkan Kualitas Data Peternakan Online

Zehrabilgisayar.net, Peternakan – Departemen Pertanian (Deptan) mempercepat pencapaian swasembada protein dengan meningkatkan kualitas data secara online untuk pembibitan 4.0. Hal ini penting mengingat permintaan daging sapi meningkat karena peningkatan pendapatan dan perubahan pola konsumsi pangan.

Kepala data dan sistem informasi untuk Sekretariat Jenderal Kementerian I Ketut Kariyasa mengatakan program revolusioner yang dilakukan upaya khusus (UPSUS) peningkatan populasi sapi dan kerbau di Indonesia, yang diketahui seperti produsen ternak wajib Bunting (SIWAB). Untuk mendukung program ini, perlu mengetahui sapi dan populasi kerbau data yang akurat dan terkini.

Oleh karena itu, perlu koleksi terobosan sapi dan susu kerbau dengan pelaporan data secara online oleh Kesehatan Hewan Sistem Informasi.

“Kami di media telah menerbitkan pedoman dan pengumpulan data ternak dari populasi bison online melalui ISIKHNAS ini. Pengumpulan data uji menggunakan sistem ini telah berhasil diimplementasikan di Jakarta pada Februari 2019, “kata Kariyasa di Jakarta, Rabu (29/05/2019)

Kariyasa menyebutkan hasil database online diperoleh ternak dan populasi bison di Jakarta pada Februari 2019 hingga 4501 burung. Jumlah ini meningkatkat 8.64% dibandingkan dengan hasil survei antar sensus (Sutas) 2018 yang diterbitkan oleh BPS.

“Pengumpulan data pengujian akan dilakukan di provinsi Jawa Timur di Juli 2019 mendatang. Dan beberapa hari yang lalu, kami melakukan kelompok fokus dengan CPM dan pemerintah di Jakarta bahwa aplikasi database online yang dibuat melahirkan data yang akurat, “katanya.

Lebih Kariyasa mengatakan ternak pengumpulan data secara online dan manfaat populasi kerbau memperoleh angka yang lebih akurat dan terkini. Membantu dalam perencanaan dan pelaksanaan tertentu data informasi akseptor SIWAB UPSUS produksi (perempuan) dari sapi dan kerbau.