Pemda Makassar Melarang Peternakan Babi di Kota Makassar

Zehrabilisayar.net, Pertanian – Pemerintah kota Makassar telah melarang peternakan babi di kota Makassar. Larangan ini berdasarkan rekomendasi dari Badan Lingkungan Hidup Makassar (DLH).

Menurut informasi dari pemerintah kota Makassar, Rabu (4/9/2019), larangan peternakan babi terletak di dekat warga Jalan Haji Kalla, Kota Panaikang, Kabupaten Panakkukang, Makassar .

“Mengikuti rekomendasi DLH Makassar, kami akan mengadakan pertemuan besok. Mengundang DLH, Satpol PP Makassar, penduduk setempat dan penduduk memelihara ternak,” kata Camat Panakukkang Thahir Dg Ngalli.

DLH Makassar telah mengeluarkan rekomendasi untuk melarang peternakan babi melalui surat nomor 660.2 / 1130 / DLH / II / 2019. Juga dianggap bahwa peternakan babi di Jalan Haji Kalla, Panaikang, melanggar Keputusan Walikota Makassar. Nomor: 524/790 / Kep / XI / 2010 tentang pembentukan daerah bebas ternak di kota Makassar.

Sebelumnya, Thahir Dg Ngalli telah mengadakan beberapa pertemuan yang mempertemukan penduduk lokal dan penduduk yang memelihara sapi untuk mencari solusi terhadap masalah babi yang berlokasi di RT 01 dan RT 10, RW 03, Desa Panaikang, Kabupaten Panakkukang. Berdasarkan hasil pertemuan itu, disepakati bahwa warga yang memelihara pemerintah kabupaten Panakkukang akan memindahkan peternakan babi ke daerah yang jauh dari daerah pemukiman.

Kecamatan Panakukkang akan berkonsultasi dengan instansi terkait untuk menentukan lokasi transfer peternakan babi pada Kamis (5/9) besok. Saya berharap pertemuan itu dapat menentukan lokasi yang tepat untuk pertanian warga. Sebab, lahan bebas di Makassar terbatas, selain itu lokasi perpindahan ternak juga harus jauh dari pemukiman masyarakat.

“Insya Allah, itu akan dibahas agar masalah ini segera diselesaikan,” harap Tahir Dg Ngalli.