Jenis – Jenis Pupuk Untuk Tanaman Padi Yang Biasa Digunakan Oleh Para Petani

Zehrabilgsayar.net, Pertanian – Nutrisi pada tanaman dan fungsinya sangat penting untuk meningkatkan hasil panen tanaman tersebut. Setiap budidaya tanaman yang akan kita lakukan, sudah pastinya membutuhkan pupuk yang bermutu dan bagus untuk kita gunakan masuk kategori tanah yang subur sehingga tanpa adanya pemberian pupuk pada tanaman maka akan tetap dapat berkembang dengan baik. Sebenarnya dalam pemberian pupuk pada tanaman tidak sebatas hanya menyuburkan tanah, tapi banyak juga manfaat dalam pemberian pupuk pada tanaman juga untuk meningkatkan hasil panen tanamannya. Sama seperti tanaman padi, juga memerlukan pupuk untuk dapat berkembang dan tumbuh. Adapun jenis pupuk yang digunakan pada tanaman padi yang beragam – ragam.

Jenis untuk pupuk tanaman padi sangatlah banyak, mulai dari pupuk NPK, UREA, KCL, SP-36, dan banyak lagi. Disini kan akan berbagi informasi tentang jenis pupuk padi yang biasa digunakan para petani. dengan mengetahui apa saja pupuk padi yang biasa digunakan para petani, maka diharapkan dapat menambah suatu wawasan dan pengetahuan kita semua tentang berbagai ragam jenis pupuk padi.

Berikut adalah jenis pupuk untuk tanaman padi yang biasa digunakan oleh para petani

1. Pupuk SP-36

Pupuk SP-36 merupakan jenis pupuk tanaman padi yang paling banyak digunakan pada petani. adapun pemberian pada pupuk SP-36 ini di tanaman padi yang bertujuan untuk memberikan dan memenuhi unsur hara fosfat(P). fungsi dari unsur hara fosfat pada tenaman untuk memacu dan mempercepat pertumbuhan akar sehingga dengan terbentuknya sistemperkaran pada padi akan menjadi cepat dan baik, akan memberikan kekuatan pada tanaman padi.

2. Pupuk Urea

Pupuk urea merupakan salah satu pupuk yang kimianya yang mengandung unsur nitrogen (N) dengan kadar yang lumayan tinggi. Unsur dari nitrogen ini sendirimerupakan salah satu zat hara yang dibutuhkan oleh tanaman padi. Penggunaan pupuk urea pada padi sudah menjadi hal yang sangat wajar dan banyak juga para petani menggunakannya. Jadi sebesar apakah kandungan pada pupuk urea sehingga sangat bermanfaat sekali bagi tanaman padi?

3. Pupuk ZA

Jenis pupuk yang satu ini untuk tanaman padi yang juga banyak digunakan pada petani adalah pupuk jenis ZA. Pupuk ZA ini merupakan salah satu pupuk yang memiliki unsur hara nitrogen dan belerang. Manfaat pupuk yang satu ini pada tanaman adalah untuk membantu memberikan butir hijau sehingga daun akan terlihat berwarna hijau. Akan tetapi selain itu pada pupuk ZA ini bermanfaat untuk menambah kandungan protein dan vitamin bagi tanaman padi.

4. Pupuk KCL

Jenis pupuk tanaman yang satu ini banyak digunakan para petani adalah jenis pupuk KCL. Pupuk KCL merupakan salah satu pupuk yang memiliki unsur hara kalium dan berfungsi untuk emmperlancarkan proses fotosintesa tanaman tersebut. selain memperikan pupuk KCL pada tanaman padi juga berfungsi untuk memperkuat tanaman dari serangan penyakit dan hama.

Itulah beberapa jenis pupuk untuk tanaman padi yang biasa digunakan para petani, semoga beberapa informasi ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan anda semua tentang bermacam – macam pupuk untuk tanaman padi.