Menteri Pertanian Sebut Harga Cabai Akan Menurun

Zehrabilgsayar.net, Pertanian – Menteri Pertanian menyatakan bahwa harga cabai segera turun. Badan Keamanan Pangan (BKP) menyatakan bahwa minggu depan harga paprika akan kembali normal.

Kepala Menteri Pertanian BKP, Agung Hendriadi, mengatakan bahwa penurunan harga itu disebabkan oleh panen produk cabai berikutnya. Pasokan alias cabai juga akan meningkat, harga cabai akhirnya akan turun.

“Paprika siap untuk masuk ke panen segera, saya pikir ini akan perlahan-lahan menurun. Saya pikir minggu ini atau di masa depan itu akan menurun karena pasar pasokan akan besar,” kata pertemuan Agung di Kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian , Jakarta, Senin (2/9/2019)

Agung mengatakan bahwa Menteri Pertanian menunjuk 12 ribu hektar lahan Chili yang akan dipanen setiap bulan. Dia menekankan bahwa harga cabai akan aman hingga akhir tahun.

“Kami menargetkan bahwa setiap bulan kami akan memanen 12.000 hektar, sehingga harga akan turun. Sampai akhir tahun, ini aman,” kata Agung.

Agung menjelaskan bahwa akan ada tujuh panen lagi hingga akhir tahun. Pengumpulan akan dilakukan setiap 15 hari sekali hingga akhir tahun.

“Jika Anda mulai panen, Anda akan panen tujuh kali, setiap panen selama 15 hari, masih ada 3,5-4 bulan (hingga akhir tahun),” kata Agung.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Menteri Perdagangan Suhanto mengatakan bahwa harga akan normal pada minggu ketiga September.

Namun, Suhanto sepakat tentang penurunan harga paprika. Dia mengatakan harga telah menyentuh Rp 100.000 per kilogram, sekarang sudah turun menjadi Rp 60 ribu.

“Prediksi saya untuk minggu ketiga September adalah normal. Tapi sekarang sudah mulai turun, kemarin sore kami kirim tim ke lapangan, harga cabai turun menjadi Rp 50-60 ribu per kilogram,” kata Suhanto.

“Harganya Rp 100.000 per kilogram,” lanjutnya.

Pemantauan detikFinance terakhir seminggu yang lalu, tepatnya pada Minggu (25/8/2019), di pasar Sumber Artha, Bekasi, harga cabai rawit merah menembus Rp 120.000 per kilogram (kg). Harga cabai keriting, cabai merah besar dan cabai hijau bening Rp 100.000 / kg.