Tanaman Hidroponik Yang Memiliki Peluang Bisnis Yang Menggiurkan


Zehrabilgisayar.net Pertanian,Peluang Bisnis –┬áSebagian orang menggap memiliki bisnis sendiri lebih menyenangkan daripada harus menjadi seorang kariawan. Karena walaupun bisnis yang anda jalankan tidaklah besar anda tetap adalah bosnya. Karena anda tidak bekerja untuk orang lain, namun untuk mulai terjun kedalam dunia bisnis memang susah-susah gampang. Di dunia bisnis banyak sekali tantangan yang harus anda hadapi agar usaha anda bisa berkembang menjadi besar. Namun sebelum memilih bisnis apa yang akan anda jalankan anda harus mempertahatikan sasaran dan peluang pasar bisnis anda terlebih dahulu jika tidak bisnis anda bisa kehilangan arah.

Dijaman yang semakin maju ini dengan populasi manusia yang semakin banyak lahan pertanianpun semakin berkurang. Salah satu solusi adalah bisnis tanaman hidroponik yang saat ini sedang marak dijalankan. karena tanaman hidroponik ini merupakan solusi yang tepat bagi anda yang ingin berbisnis tanaman namun memilki kerbatasan lokasi. Apalagi bagi warga daerah perkotaan yang notabene memang memiliki lahan terbuka yang sangat terbatas.
Meskipun tanaman hidroponik ini tidak membutuhkan lahan yang luas. Bukan berarti bisnis ini tidak menjanjikan karena jika anda ulet dalam menekuninya bahkan anda dapat memperoleh keuntunggan hingga puluhan juta rupiah. Maka untuk lebih mengenal bisnis tanaman ini akan kami berikan beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang bisnis ini. Diantaran lain sebagai berikut:

1 Merupakan Bisnis Apakah Tanaman Hidroponik Itu?


Tanaman Hidroponik merupakan bisnis tanaman buah ataupun sayur yang memanfaatkan lahan yang sempit.
Untuk tanaman hidroponik berbeda dengan tanaman pada lahan konvensional, karena disini anda menggunakan media tanam khusus agar tanaman dapat tumbuh dengan baik pada lahan yang terbatas. Menanam tanaman dengan cara hidroponik sudah saat ini sangat populer. Karena saat ini masyarakat semakin sadar dengan gaya hidup sehat yang banyak dikampanyekan. Seperti berolahraga, menanam tanaman hingga mengkonsumsi makanan hijau. Maka tidak heran tanaman hidroponik menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan keuntungan besar. selain dari anda menjual hasil dari kebun kecil anda ini anda juga bisa menjual berbagai peralatan menanam tanaman hidroponik yang banyak diminati orang.

2 kelebihan Dari Tanaman Hidroponik


Tanaman Hidroponik ini memiliki kelebihan salah satunya untuk penghijauan di daerah sekitar rumah.
Namun selain untuk penghijauan tanaman hidroponik juda dapat dijadikan bisnis yang cukup menggiurkan. Bahkan hasil yang diperoleh dalam menjalankan bisnis ini bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Untuk peluag usaha ini cukup besar, karena saat ini untuk orang perkotaan khususnya telah sadar akan hal gaya hidup sehat.
Untuk mengawali gaya hidup yang sehat dapat dimulai dengan menjaga penghijauan di daerah sekitar rumah. Seperti memanfaatkan ruang terbuka dirumah untuk tempat berkebun. Untuk hasil dari tanaman dapat dikomsumsi sendiri maupun dijual untuk memperoleh penghasilan tambahan. Bahkan untuk kegiatan berkebun sendiri merupakan aktivitas yang positif untuk mengisi waktu luang.

Banyak sekali yang hanya berawal dari hobi mereka untuk menanam dan merawat tanaman menjadi pengusaha sukses tanaman hidroponik. Siapa sangka dengan menanam tanaman hidroponik bisa menghasilkan keuntungan hingga puluhan juta rupiah.

3 Modal dan Keuntungan


Untuk memulai bisnis walaupun itu tanaman hidroponik yang dapat anda lakukan di lahan yang sangat sempit seperti pekarangan rumah. Bukan berarti tidak membutuhkan modal.
Paling tidak anda harus membeli bibit tanaman dan media tanam hingga berbagai perlalatan untuk perawatan tanaman.

Namun harus anda ketahui untuk harga jual dari tanaman dari kebun hidroponik memiliki selisih harga yang lumayan. Jadi dalam waktu yang dekat anda bisa mendapatkan modal yang anda keluarkan kembali.

Berikut ini merupakan daftar harga beberapa produk hidroponik yang bisa anda jadikan perbandingan dengan harga tanaman konvensional.
1 selada keriting memiliki harga jual Rp 8.500 per sayur.
2 pokcoy memiliki harga jual Rp 7.500 per sayur.
3 selada kelapa memiliki harga jual Rp 8.500 per sayur.

Dilihat dari beberapa harga tanaman hidroponik di atas bisa anda jadikan perbandingan. Bahwa harga dari produk tanaman komvendional dan hidroponik ini memiliki selisih harga yang cukup jauh.

Setelah anda melihat daftar harga tanaman hidroponik di pasaran apakah anda heran dengan omset yang bisa mencapai puluhan juta rupiah ini.
Dan yang perlu anda ketahui dalam menanam tanaman hidroponik ini anda tidak perlu media tanah ataupun greenhouse untuk memulai bisnis ini. Karena tanaman hidroponik ini mengunakan media tanam air yang bernutrisi. Dalam sistem penanaman hidroponik ini air yang dipergunakan memang bukan air biasa. Air tersebut sudah diisi dengan nutrisi yang dapat membuat tanaman anda tumbuh dengan subur bahkan memiliki kualitas yang baik. Maka dengan sistem hidroponik adna tidak perlu mengunakan pestisida utuk merewatkarena dengan sistem hidroponik ini anda tidak perlu kawatir tanaman anda terserang hama tanaman maupun penyakit.