Diprakairakan Jateng Selatan akan hujan pada bulan Oktober

Zehrabilgisayar.net, Pertanian – Para masyarakat Jateng Selatan yang kini telah mengalami kesulitan air bersih, Mereka akan harus menunggu sebulan lagi agar tidak mengalami kesulitan air bersih. BMKG memperkirakan Musim Hujan di bagian besar wilayah Jateng Bagian Selatan akan tiba pada Bulan Oktober nanti.

 “saat ini masih sedang Musim kemarau. Musim pancaroba yang akan merupakan masa dar peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan, baru setelah itu akan berlangsung pada pertengahan September 2019 nanti” Jelas Prakirawan Cuaca BMKG di stasiun Meteorlogi Rendi Krisnawan, Pada Senin (02/09/2019).

Karena akan datangnya musim Hujan di sebagian besar wilayah Jateng selatan, akan mengalami kemunduran cukup lama dari pada perkiraan awal. Sedangkan wilayah seperti Cilacap untuk bagian Utara, dan sebagian Cilacap bagian timur dan kebumen bagian selatan di prakirakan berlangsung pada desarian bulan November.

Untuk Jumlah desa yang warganya kurang bisa mendapatkan Air bersih juga semakin luas. Kepala Pelaksanaan BPBD Ariono Poerwato Menyebutkan, hingga peghujung Agustus 2019 lalu, Pihaknya telah menyalurkan air bersih sebanyak 727 Tangki. “Air sebanyak itu, disalurkan ke 47 desa yang tersebar pada 17 kecamatan.” Ungkapnya.

Dia memperkirakan, dengan makin panjang Musim Kemarau yang akan berlangsung dan berjalan, maka wilayah yang di lihatnya mengalami kesulitan air bersih juga akan semakin bertambah. Secara keseluruhan ada terdapat 71 desa di banyumas yang saat ini sangat krisis Air bersih di 17 Kecamatan tersebut.

“Saat ini baru 47 desa yang sudah mengajukan untuk permohonan Air bersih. Seiring semakin panjanganya musim kemarau, jumlah desa yang ingin meminta air bersih, kami pastikan akan terus bertambah,” Katanya.

Sedangkan itu, Kabupaten Cilacap, BPBD Cilacap Heru Kurniawan menyebutkan, Hingga saat ini sudah 46 desa di 18 kecamatan yang meminta bantuan untuk Air bersih.” Untuk beberapa desa tersebut, kami sudah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 310 Tangki” jelasnya.