Kinerja Ekspor Indonesia Mengalami Peningkatan Dalam 4 Tahun Terakhir

Zehrabilgisayar.net, Pertanian – Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (Pusdatin) dari Kementerian Pertanian (Kementerian Pertanian) mencatat bahwa kinerja ekspor pertanian telah meningkat selama empat tahun terakhir. Pada 2014-2018, ekspor pertanian meningkat baik dalam volume maupun nilainya.

Profesor Ali Agus, Dekan Fakultas Ilmu Hewan di Universitas Gajah Mada (UGM), menekankan pentingnya mempertahankan keberhasilan ini dengan terus meningkatkan pelayanan yang sangat baik dari kementerian, sebagai kementerian yang dipercayakan kepada presiden. di sektor pertanian.

“Di sisi peternakan, saya berangsur-angsur berubah, misalnya, tahun-ke-tahun, ekspor hewan telah meningkat tajam, terutama di Jepang dan Timor-Leste,” katanya. katanya di Jakarta, Selasa (20/8/2019)).

Ali menjelaskan, pemerintah saat ini harus terus meningkatkan sistem pelayanan sehingga berdampak pada kualitas barang dan harga jual. Langkah ini harus diambil untuk menembus persaingan di pasar ekspor Asia, Eropa dan Amerika.

“Misalnya layanan yang bagus, harganya kompetitif, mungkin ekspor kita bisa naik dari tahun ke tahun. Meski secara umum, nama ekspor dan impor itu normal dalam pergaulan antar negara. China sering mengimpor, “katanya.

Ali mengatakan bahwa, untuk masa depan, Indonesia akan menghadapi tantangan besar dan ancaman serius terhadap pemeliharaan pertanian dan peternakan secara keseluruhan. Oleh karena itu, sistem yang sehat dan penanganan yang tepat diperlukan untuk menjaga kualitas dan produksi nasional.

“Kami menghadapi tantangan besar, terutama dalam hal kecukupan pangan, jadi menurut saya, pemerintah dan pihak terkait perlu memperkuat konsolidasi, kemudian memberikan layanan yang sangat baik kepada para pemain dalam bisnis dan menjaga keseimbangan. penawaran-permintaan melalui regulasi yang menguntungkan. Saya pikir kuncinya adalah itu, “katanya.