Gubenur Jabar (Ridwan Kamil) Menghimbau Agar Masyarakat Jabar harus Siaga Untuk Status Kekeringan

 

Zehrabilgisayar.Net,Bandung– Diketahui bahwa Jakarta Barat(Bandung) sedang dalam musim kemarau yang panjang sehingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan bahwa masyarat terutama petani harus siap siaga akan status kekeringan yang panjang,Ridwan Kamil sudah melakukan komunikasi terhadap kurang lebih sekitar 20 kabupaten/kota yang sedang mengalami kekeringan yang panjang. Ia juga sedang menunggu laporan dari instansi terkait dan setiap kepala daerah di Jawa Barat akan kekeringan tersebut.

Belum ada laporan. Kalau definisi siaganya kita sudah siaga,” ujar Ridwan yang di kutip Zehrabilgisayar.Net,Kamis (08/08).

Ridwan mengatakan bahwa pemerintahan juga sudah siaga akan kekeringan yang akan mendatang dan pemerintahan sudah merundingkan permasalahan yang akan datang untuk mencari solusi untuk kedepannya jika terjadi kemarau yang panjang. Dan kami juga menghimbau untuk masyarakat untuk selalu siaga akan hal yang buruk yang akan menimpa rakyat Indonesia.

Ridwan juga mengunkapkan bahwa  dari hasil komunikasi dengan pemerintah daerah setempat kemungkinan akan membagi suplai air irigasi yang biasa digunakan untuk lahan pertanian, bagi masyarakat yang terdampak kekeringan,air tersebut semoga bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan nya dan kami akan mencari solusi lain untuk menuntaskan masalah kekeringan tersebut.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat (Jabar) telah mengeluarkan data terbaru terkait dengan dampak musim kemarau terhadap kekeringan. Per 6 Agustus 2019 setidaknya terdapat 166.957 kepala keluarga (KK) yang terdampak kekeringan

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Jabar, Budi Budiman Wahyu mengatakan bahwa ada 27 kabupaten/kota yang sudah melaporkan,namun dalam 27 kabupaten/kota tidak semua nya kekeringan,hanya ada beberapa saja yang kekeringan dan di sini kami akan menghimbau solusi nya bagaimana,ujar Budiman Wahyu Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Jabar, Zehrabilgisayar.Net,Bandung Kamis (08/08/2019).