Akhiri Kunjungan Kerja Di Sumut, Melihat Sektor Peternakan dan Pertanian

Zehrabilgisayar.net, Peternakan – Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara mengakhiri kunjungan kerja di Sumatera Utara dengan meninjau proyek ternak sapi yang berjenis belgian blue di Desa Parsingguran, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Belgian blue adalah jenis sapi yang baru di Indonesia dan berasal dari bantuan dari Kementerian Pertanian. Dengan kedatangan sapi Belgian blue ini diharapkan dapat menjadi salah bibit unggul bagi untuk kebutuhan bahan daging di Indonesia.

“Sapi ini baru tiga hari datang lalu. Ini juga ajaran dari Menteri Pertanian dan baru tiga. Biar nyoba, tapi tadi ditanya sapinya katanya senang. Oke, berarti tambah lagi,” kata Presiden

Sapi Belgian blue dapat mencapai bobot 1,5 ton jika diternak secara baik, dan jika proyek pengembangan sapi ini berhasil akan di terapkan didaerah lainnya

Jokowi juga meninjau lahan pertanian yang berada di Desa Parsingguran yang juga di kembangkan disana. Pada akhir 2018, Kementerian Pertanian melakukan budi daya bawang putih dengan mengalokasikan bibit kepada Desa Parsingguran. Budi daya yang dilakukan pada saat itu dikabarkan mampu menghasilkan lebih dari16,4 ton bawang putih dengan luas lahan seluas 1 hektar.

Dari tempat tersebut, Presiden Jokowi mengakhirin kunjungan kerjanya dan langsung menuju Bandar Udara Internasional Silangit di Kabupaten Tapanuli Utara untuk kembali ke Jakarta.