Peresmian Pengembangan desa Agropolitan di Manokwari

Zehrabilgisayar.Net – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) meresmikan sebuah program pengembangan kawasan pedesaan agropolitan yang berada Desa Sidey, Manokwari, Papua Barat pada Kamis (11/7) kemarin.

Direktur Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan (Dirjen PKP) Kemendes PDTT Harlina Sulistyorini mengatakan bahwa pengembangan kawasan pedesaan dengan konsep agropolitan di kawasan ini terdiri dari beberapa kampung dalam upaya untuk mendorong perkembangan klaster klaster Produk Unggulan seperti produk pertanian dan perkebunan di kawasan Kabupaten Manokwari.

Harlina juga mengatakan Kabupaten Manokwari merupakan salah satu Kawasan Pedesaan Prioritas Nasional (KPPN) dalam upaya pemerintah mempercepat pengembangan wilayah pedesaan.

Sejalan dalam komitmen ini pengembangan, Kemendes PDTT melalui Ditjen PKP sejak tahun 2017 telah memberikan banyak fasilitas dalam rangka mempercepat pembangunan seperti pembangunan infrastruktur desa

“Desa harus di bangun dengan pembangunan yang terintegrasi, terencana, dan terpadu. Agar perencanaan dapat berjalan baik,” katanya.

Harlina mengatakan bahwa sejak tahun 2016, pemerintah telah melakukan perencanaan melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Bapenas mengusung program nasional untuk percepatan pembangunan desa.

Dengan demikian pembangunan desa didorong dalam perspektif Kawasan sehingga mempercepat akselerasi pembangunan dan dapat lebih cepat mendorong perekonomian