Langkah-langkah Berternak Bebek Dengan Cara Modern Yang Harus di Perhatikan.

zehrabilgisayar.net-,Pastinya semua pertanian sudah tahu gimana cara berternak bebek yang benar dan makanan yang bagus untuk berternak, Namun tidak semua orang tahu bahwa berternak bebek secara  modern dapat sangat menguntungkan dan cara proses peternakan hewan bebek juga sangat jauh lebih mudah di bandingkan dengan cara versi lama berternak. sini kami akan mengasih tahu langkah langkah untuk berternak bebek secara modern.

http://zehrabilgisayar.net/

*- Pertama tama yang pasti nya kita harus menyiapkan lokasi yang pass untuk perternakan bebek.

Cara ternak bebek modern adalah dengan mempersiapkan lokasi. Lokasi yang dipilih sebaiknya memperhatikan letak dan jarak dari pemukiman. Hal ini sangat penting untuk mengatasi kebisingan dari lokasi yang akan dijadikan peternakan. Jika terlalu bising akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan bebek. Suara bebek juga memberikan ketidaknyamanan pada penduduk.

*- Penempatan Kandang untuk Anak Bebek.

Jika hendak membuat kandang untuk anak bebek tentu memiliki standar dan ukuran yang berbeda dengan bebek dewasa yang siap bertelur. Pada kandang yang diperuntukan untuk anak itik yakni di masa awal pertumbuhan dapat dilakukan dengan menggunakan kandang box. Kandang tersebut terbuat dari kayu maupun plastik. Kandang ini memiliki ukuran 1 meter hingga  2 meter. Satu kandang bebek ini memiliki  kemampuan untuk menampung 50 ekor bebek.

*- Pengaturan Suhu Kandang.

Suhu kadang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan. Suhu untuk bebek juga penting agar bebek dapat meningkatkan produktivitas untuk memproduksi telurnya. Hal ini akan sangat menentukan hasil panen telur dari bebek tersebut. Suhu yang dibutuhkan yakni 39 derajat celcius.

*-  Pengaturan Kelembaban Kandang.

Kelembaban kandang juga sangat penting karena bebek yang hidup di dalam lingkungan yang terlalu kering akan membuat bebek tidak nyaman. Kelembaban yang tinggi juga dapat membuat resiko bebek rentan terhadap berbagai penyakit. Kelembaban yag baik unuk memelihara bebek yakni 60% hingga 65%.

*- Perlengkapan Kandang

Perlengkapan kandang dibutuhkan berupa kebutuhan tempat makan dan tempat minum. Bagi kandang yang tidak berkelompok biasanya memiliki permukaan yang lebih miring untuk membuat telur bebek berada di tempat telur. Hal ini akan memudahkan peternak untuk mengambil hasil panen telur.

*- Pemberian Makan.

Pemberian makan disesuaikan dengan umur bebek yang dipelihara. Intesitas yang diberikan juga menyesuaikan dengan kubutuhan misalnya pada pagi dan sore hari.

*- Pemberian Obat dan Vitamin

Peternak harus memiliki pengetahuan tentang bebek yang luas sehingga tahu kondisi bebek yang sehat dan sakit. Vitamin dan obat dapat diberikan saat bebek sakit maupun dalam upaya pencegahan.

Dan yang paling perlu di ketahui yang 1 ini yaitu :

*- Penentuan Bahan Baku Kandang.

Cara berternak bebek modern adalah dengan pembuatan kandang. Seorang peternak harus menentukan budget modal yang telah disiapkan dalam usaha bebek. Bahan baku pembuatan kandang dapat terlebih dahulu dikonsultasikan maupun didesain sedemikian rupa akan tempat nantinya menjadi nyaman untuk peternak maupun untuk unggas. Bahan baku bangunan dapat ditentukan berupa kayu, besi, maupun kawat. Peternak juga harus mengatur sistem keamanan bebek dalam kandang.