Langkah-Langkah Dan Pengertian Minapadi, Program Pertanian Yang Sangat Menguntungkan Penghasilan

zehrabilgisayar.net,- Alangkah bahagianya jika keluarga kita tidak kurang beras sehat dan juga tidak kurang lauk pauk (daging ikan). Tentu hal itu adalah harapan setiap orang.Dalam dunia pertanian, ada yang disebut dengan Mina Padi, sebenarnya Minapadi ini sudah ada di tengah masyarakat.

namun karena kurang nya sosialisasi kepada masyarakat luas lain nya, baik oleh Media maupun oleh Pemerintah, maka istilah Minapadi ini banyak yang baru dengar, hal itu wajar karena Sumber Daya Manusia di kita adalah memang baru sampai sana.

Mina Padi adalah gabungan usaha memelihara ikan bersamaan dengan menanam padi dalam satu tempat dan satu waktu, satu kesempatan.Jadi dengan Program Pertanian Mina Padi ini maka petani akan mendapatkan dua keuntungan yaitu Petani akan mendapatkan Ikan hasil panen juga tentunya mendapatkan Padi nya nanti.

Bagamana cara dan langkah – langkah serta tahapan dalam budidaya MINAPADI? Minapadi adalah suatu bentuk sistem usaha tani dalam bidang pertanian padi sawah dan budidaya ikan air tawar.

Minapadi terdiri dari dua kata, yaitu “mina” yang berarti ikan dan “padi”, yang bisa diartikan sebagai gabungan budidaya ikan dengan padi. Minapadi merupakan gabungan (combined farming) antara dua budidaya dari komoditi yang berbeda, yakni budidaya tanaman padi sawah dengan budidaya ikan. Minapadi dapat dianalogikan sebagai sistem tumpangsari seperti pada tanaman budidaya pada umumnya.

Sehingga dalam sekali panen dalam 3 bulan sekali anda sudah bisa menghasilkan 2 keuntungan yaitu dengan hasil panen padi dan hasil panen ikan yang anda kembang biakkan.

Selamat mencoba nya ya para bos bos~