Teknologi Tingkatkan Hasil Pertanian

Pengunaan teknologi dan informasi dan komunikasi (TIK). Pertanian lebih jauh berkembang dan berhasil dalam beberapa aspek pencapaian yang melebihi target.

Bahkan, dari segi inflasi pun lebih rendah dan Produk Domestik Bruto (PDB) meningkat.

Pengunaan yang di maksud seperti autonomous tractor, drone sebar benih, drone sebar pupuk, alsin panen olah tanah terintegritasi dan penggunaan obat tanam.

Pencapaian ini tidak tanpa alasan, semua capaian ini tidak terlepas dari gagasan Presiden dengan program Revolusi Mental yang di terapkan pada semua, termasuk pada Pertanian 4.0 pada sektor pertanian.

Selain itu, penggunaan mesin transplanter dengan metode tanam Jajar Legowo sangat menghemat waktu, tenaga, dan biaya produksi. Pengunaan teknologi dalam pengembangan pertanaian sangat dimanfaatkan para petani.

Secara finasial telah membuktikan bahwa pendapatan petani sebesar Rp. 1,9 juta hingga Rp. 5 juta. Dengan kata lain, metode ini meningkatkan pertanian sebesar 18.80 sampai 42,30 persen.

Selama empat tahun terakhir indeks pertanaman meningkat tajam. Hasilnya petani bisa panen lebih dari satu kali, bahkan hingga tiga kali dalam setahun ini.