Pembangunan Dam Parit Meningkatkan Hasil Panen

Walau kemarau dan debit air sungai kecil, para petani di Desa Girimukti, Bandung Barat, tidak menurunkan semangat menanam demi menyambut musim tanam ketiga. Disaksikan oleh para peserta Pelatihan Kapasitas Petugas dan Petani Dalam Adaptasi Perubahan Iklim Tingkat Usaha Tani (API-TUT) 2019.

Bukan tanpa alasan para petani bersemangat, Berkat adanya dam parit bantuan dari pemerintah yang dibangun tahun lalu membuat 50 hektar sawah terairi dan meningkatkan hasil indeks sebanyak dua kali.

Sebelum dilakukannya pembangunan parit, masyarakat membangun bendungan sementara, namun bendungan yang di bangun dari bambu dan jerami tidak mampu menahan air dan terjadi kebocoran atau jebol.

Permasalahan petani disetiap musim kemarau karena kecilnya debit air yang mengalir ke sawah sangat kecil, kadang tidak dapat mengalir karena kecil nya debit air yang mengalir.

Diharapkan pemerintah dapat terus membantu para petani dalam membangung dam parit agar dapat terus meningkatkan hasil indeks yang lebih banyak dari sebelumnya.

Diketahui dari data info dari Menteri Pertanian Indonesia ekspor hasil tani Indonesia dalam empat tahun belakangan ini terus meningkat sampai 25%.