Makna Hari Krida Pertanian Setiap Tanggal 21 Juni

Tanggal 21 juni adalah Hari Perayaan Krida adalah merupakan hari perayaan bagi pertanian yang bisa di bialng sebagai hari raya untuk para petani peternakan pegawai dan perusahaan yang bergerak di bidang pertanian.

. Penetapan  tanggal 21 Juni sebagai Hari Krida Pertanian didasarkan atas  pertimbangan bahwa pada Matahari yang memberikan tenaga kepada tumbuhan dan hewan hewan dan manusia juga termasuk di dalamnya.

Pada akhir abad ke-IX mulai diperkenalkan apa yang disebut pranata mangsa, yaitu cara pembagian musim dalam 12 musim yang diuraikan secara lengkap antara lain meliputi hujan, angin, serangga, penyakit, dan sebagainya, dimana tanggal 21 Juni merupakan saat permulaan musim ke-I yang merupakan awal dari siklus 12 musim tersebut.

 

Masyarakat pertanian syukur,di karena pada bulan bulan tersebut selalu hasil panen nya yang sangat melimpah sehingga para petanian selalu merayakan hari krida pada tanggal 21 juni, menurut pertanian itu adalah lambang kesuksessan bagi para pertanian.

 

Hari  Krida  Pertanian  juga  merupakan hari  berbangga  hati  atas  prestasi  dan  hasil  yang diperoleh  setelah  setahun  penuh bekerja  tanpa mengenal  lelah, sehingga  mampu  menghasilkan bahan  pangan  untuk  memenuhi  kebutuhan  segenap  masyarakat.