Suplus Ekspor Bidang Pertanian

Zehrabilgisayar.net – Nilai Ekspor dalam bidang pertanian di Indonesia ke Jepang mengalami peningkatan 24,58% dalam periode 2014-2018. Total produk pertanian yang di ekspor ke Jepang mencapai lebih dari 744,3 ribu ton atau setara lebih dari Rp. 12,99 triliun.

Hasil positif surpus neraca perdagangan dalam ekspor bidang pertanian ini di sambut respon yang cukup positif secara banyak nya isu bahwa bidang pertanian di Indonesia sangat lemah akibat banyaknya impor hasil pertanian.

“Jika dirupiahkan nilai keuntungan ekspor pertanian mencapai lebih dari Rp 12,88 triliun pada tahun 2014 menjadi Rp 15,88 triliun pada tahun 2018, ini adalah hasil yang baik.” ucap Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Ketut Kariyasa.

Pencapaian ini mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri, pencapaian kenaikan atau suplus ekspor Indonesia tidah hanya di ASEAN melainkan di negara Eropa seperti Belanda, Italia, Spanyol, Irlandia, Luxemburg, Denmark, Prancis.

Dalam empat tahun terakhir selain suplus ekspor ke Jepang, pertumbuhan ekspor ke belanda juga mengalami kenaikan sebesar 1,84% pertahun nya.

Rencananya Indonesia akan terus melakukan diplomasi guna memperluas jenis komoditas dan tujuan pasar ekspor ke negera-negara baru untuk meningkatkan suplus dalam sektor pertanian