Operasi Pasar untuk Menjamin Kualitas Beras

Zehrabilgisayar.net – Pemerintah melalui Perum Bulog memutuskan untuk memperpanjang Operasi pasar hingga akhir tahun ini yang sebelumnya direncanakan berakhir tanggal 31 Mei 2019. Menurut Menteri Koordinator Perekonomian, Darmian Nasution perpanjangan operasi pasar bertujuan untuk mengantisipasi dan menjaga kualitas beras bulog di gudang.

“Saat ini stok beras Bulog di gudang masih sekitar 2,2 juta ton, tapi sebagian besar sisa dari impor bulan lalu. Ini lama-lama bisa rusak berasnya”. Kata Darmin.

Menurut Darmin, banyaknya stok beras bulog yang tersimpan membuat pemerintah meminta agar perseroan memperbanyak operasi pasar dan penyaluran Beras Sejahtera secara non tunai. Menurut dia, dalam waktu 6 bulan kedepan setidaknya beras sudah harus tersalurkan sehingga dapat mencegah kerusakan beras. Oleh sebab itu, operasi pasar akan dilanjutkan hingga akhir tahun. Hal ini bukan disebabkan karena respon atas melonjaknya harga beras.

Menurut Direktur Bulog, Tri Wahyudi Saleh, hingga saat ini potensi kenaikan harga beras masih tetap terjaga. Dengan berlangsungnya operasi pasar, pihaknya akan terus melakukan optimalisasi pengadaan beras melalui penyerapan langsung dari petani.