Produksi Ayam Peternak Berlebih, Harga Ayam Anjlok

zehrabilgisayar.net – Anjloknya Harga ayam dikarenakan adanya kapasitas produksi yang berlebih atau oversuplai. Kondisi ini membuat harga ayam hidup anjlok sejak Ramadhan kemarin. Untuk itu, pemerintah memerintahkan ritel untuk menyerap ayam peternak sesuai harga yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan No 96 Tahun 2018 sebesar Rp. 18ribu – 20ribu per kilogram.

Direktur Jendral Perdagangan Dalam negeri Kementrian Perdagangan, Tjahya Widayanti membeberkan bahwa Aosiasi Rumah Potong Hewan Unggas Indonesia melaporkan belum dapat menampung ayam ayam peternak dikarenakan kapasitas cold storage yang mereka miliki sudah penuh dan akan berupaya mencari cara lain untuk melakukan penyerapan tersebut.

Berdasarkan Undang-Undang nomor 41 Tahun 2014, Pembinaan dan pengawasan dalam pelaksanaan kemitra usaha peternakan perlu diimplementasikan guna menjaga rantai perdagangan yang berkelanjutan. Perihal ini, Direktur Indonesia Food Watch Primenixdey menyebutkan anjloknya harga merambat ke wilayah Jawa Barat yang memiliki kecenderungan harga yang normal. Menurutnya, dengan anjloknya harga ini, dikarenakan adanya jalur pengawasan perdagangan yang bermasalah.