Pemerintah Fokus Kembangkan Tanaman Hortikultura

zehrabilgisayar.net – Kementrian Pertanian, Amran menyatakan, potensi beberapa wilayah di daerah Bandung merupakan daerah yang potensial untuk mengembangkan tanaman hortikultura khususnya sayuran dan obat. Kabupaten Bandung Barat tersebut terkenal akan kekayaan tanaman seperti bawang merah, cabai, tomat, buncis, dan kacang panjang.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bandung Barat, Ida Nurhamida menyebutkan bahwa pihaknya memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan tanaman obat. Untuk saat ini, potensi lahan untuk budidsaya tanaman obat berada di lima kecamatan seperti Cipongkoh 20 hektare, Gunung Haru 100 hektare, Sindang Jerta 100 Hektare, Cililin 200 hektare, dan Rongga Jerta 60 hektare.

Menurut Ida, di lima kecamatan tersebut, tanaman jahe, kunyit, dan kapulaga sangat potensial untuk dikembangkan. Dia juga menambahkan bahwa menyatakan, Kabupaten Bandung Barat siap untuk menjadi salah satu sentral pengembangan tanaman obat.

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Kementan, Moh Ismail Wahab menyampaikan, pengembangan tanaman obat pada 2020 akan diarahkan untuk mengembangkan areal tanam baru. Sedangkan hasil produksi nanti akan dialirkan dengan Industri jamu yang telah berjalan. Menurut Ismail, apabila ada wilayah yang punya potensi yang cukup bagus, maka tidak menutup kemungkinan bahwa kedepannya Kementan akan mengalokasikan APBN untuk pengembangan tanaman obat di wilayah tersebut.