Harga Pangan Dipastikan Stabil

zehrabilgisayar.net – Sesuai dengan prinsip ekonomi, meningkatnya kebutuhan akan meningkatkan jumlah permintaan sehingga meningkatkan harga barang tersebut. Hal ini yang dirasakan oleh Indonesia beberapa tahun terakhir menjelang lebaran.

Berdasarkan hasil pemantauan langsung, beberapa harga bahan pokok dalam kondisi stabil. Hal ini diperkirakan berlangsung sampai selesainya perayaan Idul Fitri 2019. Pada sektor daging, harga daging sapi saat ini berkisar Rp 120 ribu untuk jenis impor, dan Rp 150 ribu untuk jenis lokal. Pada sektor daging sapi, kebutuhan saat ini masih aman dan stok juga masih cukup, oleh karena itu, dapat dipastikan masyarakat tidak perlu khawatir dengan harga dan stok.

Pada sektor bawang putih yang sempat melonjak, kini berlangsung stabil pada kisaran Rp 44 ribu per kilogram. Untuk bawang putih, kondisi harga masih tetap stabil sekitar Rp 36 ribu per kilogram.

Beberapa sektor lain tergolong stabil seperti harga beras sekitar Rp 10 ribu per kilogram, telur ayam sekitar Rp 25 ribu perkilogram, minyak goreng Rp 13 ribu, gula pasar sekitar Rp 23 ribu, daging ayam sekitar 35 ribu per kilogram.

Menurut salah satu pembeli, ia mengaku puas dengan harga harga tahun ini. Dia berharap, kondisi tersebut berlangsung setiap saat, terutama saat perayaan besar Idul Adha mendatang.

Bersadarkan perkiraan neraca kumulatif dari Januari hingga Juni 2019 hampir seluruh sektor pangan mengalami surplus. Hanya beberapa sektor seperti kedelay, bawang putih dan daging sapi/kerbau yang mengalami defisit. Namun, pemerintah menjamin ketersediaanya akan cukup dengan cara mendatangkan dari luar.

Menurut Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian, Agung Hendriadi, pada 3-5 bulan sebelum Lebaran, pemerinta telah merencanakan peningkatan produksi yakni dengan menambah luas lahan tanam. Hasil dari program tersebut telah dapat dilihat dengan hasil surplus ini yang diperkirakan hingga selesai Lebaran ini.