Mentan Jaga harga dan Stok Pangan Stabil

zehrabilgisayar.net – Kemampuan pemerintah khususnya Kementrian Pertanian menjaga kestabilan stok dan harga pangan mendapat perhatian besar dari Ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj.

“Beberapa tahun terakhir nyaris tidak ada gejolak harga dan ketersediaan di sektor pangan. Padahal dulunya, gejolak harga pangan hampir selalu terjadi setiap kali jelang Ramadhan dan Idul Fitri. Ini pertanda pemerintahan Jokowi telah bekerja keras dalam memastikan ketersediaan pangan mencukupi,” sebut Aqil.

Bulan lalu, harga bawang putih sempat naik hingga Rp 90 ribu per kilogram. Namun, pemerintah secara cepat menjalankan berbagai strategi dan terobosan hingga harga bawang putih jelang Ramadhan dan Idul Fitri normal kembali. Saat ini harga bawang putih menyentuh Rp 25 ribu per kilogram.

Stabilitas pangan merupakan hal yang sangat penting saat ini. Apalagi beberapa bulan terakhir, situasi politik sempat memanas. Apabila terjadi kelangkaan kebutuhan pokok, diperkirakan kondisi Indonesia akan menjadi tidak terkendali. Kementan memastikan ketersediaan semua kebutuhan bahan pokok tercukupi hingga akhir puasa dan Hari Raya Idul Fitri berdasarkan data dari Bulog.