Menjelang Lebaran Harga Bahan Pokok Stabil

zehrabilgisayar.net – Kementrian Perdagangan memastikan harga bahan pokok akan aman terkendali menjelang Lebaran. Berdasarkan hasil tinjauan pemerintah harga di Jakarta, harga barang pokok seperti beras, daging, cabai dan bawang cenderung stabil.

 

Harga pokok pada Ramadhan kali ini kembali stabil dimana pada biasanya harga bahan pokok yang selalu naik saat hendak menjelang lebaran. Menurut Inspektur Jendral Kemendag Srie Agustina, pemantauan harga di sejumlah pasar menjelang lebaran akan terus dilakukan pemerintah untuk memastikan stabilitas harga dan pasokan terjaga.

Berdasarkan hasil pemantauannya, Srie menjabarkan ada beberapa catatan penting mengenai bahan pokok diantaranya adalah stok kebutuhan pokok dalam rangka menjelang lebaran tersedia dengan cukup. Sehingga tidak akan menimbulkan lonjakan harga, dengan adanya stabilitas harga tersebut, Srie menilai distribusi beras milik Perum Bulog memiliki andil yang cukup besar.

Untuk daging Sapi, menurut dia juga mengalami stabilitas harga di kisaran Rp 80-90 ribu per kg. Selain itu, Srie juga mengapresiasi pedagang daging yang sudah mulai menjual daging beku kepada konsumen. Karena dengan menjual daging beku, membuat preferensi pilihan untuk konsumen bahwa ada alternatif antara daging beku dengan daging segar yang dapat dikonsumsi masyarakat. Hal tersebut secara tidak langsung akan menjaga harga daging segar tidak melonjak apabila terdapat tingginya permintaan.

Pada harga bawang merah, menurut Srie harga juga cenderung normal di kisaran Rp 30-35 ribu per kg. demikian pula dengan harga cabai yang masih dalam harga stabil, untuk harga cabai keriting, berada pada kisaran Rp 35-40 ribu per kg, cabai rawit pada kisaran Rp 20 ribu per kg, dan cabai merah berada pada kisaran 28 ribu per kg.