Bulog Jamin Ketersediaan Kebutuhan Pokok Masyarakat

zehrabilgisayar.net – Bulog Subdrive 4 Banyumas, jamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) di wilayah eks Karesidenan Banyumas mencukupi. Tidak hanya beras saja, tapi juga komoditas lain seperti minyak goreng, gula pasir dan terigu.

Untuk ketersedian beras, sampai saat ini di gudang Bulog ada sebanyak 1.577 ton beras premium. Demikian juga untuk gula pasir, minyak goreng dan tepung terigu, semuanya mencukupi. Untuk gula pasir, tiap minggu kita di drop 30 ton sehingga ketersediaannya sangat cukup,” jelas Kepala Bulog Subdrive 4 Bayumas, Tony Supriyadi, Rabu (22/5).

Bila ada beberapa komoditas yang stoknya kurang mencukupi, Tony nyatakan, Bulog akan segera lakukan pengadaan, dikarenakan mekanismenya bisa langsung beli dan jual ke masyarakat. Dengan kondisi seperti ini, Tony optimis harga kebutuhan pokok masyarakat ke depan akan tetap terkendali.

”Harga daging sapi di pasar, saat ini harganya memang mencapai Rp 140 ribu per kilogram (kg). Untuk itu, Bulog berikan alternatif dengan jual daging kerbau beku seharga Rp 80 ribu per kg,” katanya.

Dalam program pengendalian harga ini, Tony nyatakan, Bulog juga bekerja sama dengan Pemkab Purbalingga dengan laksanakan kegiatan pasar murah di beberapa tempat. ”Pada tahun ini, rencananya ada 6 kegiatan pasar murah. Di dua kecamatan, digelar sebelum Ramadhan, sedangkan di 4 kecamatan lainnya digelar pada bulan Ramadhan,” katanya.

Menyinggung soal kegiatan operasi pasar, Tony mengaku hingga saat ini belum akan selenggarakan kegiatan tersebut. Ini mengingat harga kebutuhan pokok masih terkendali.