Mentan Sebut RI Diizinkan Ekspor Buah Hingga Sarang Walet Saat bertemu Wapres Argentina

zehrabilgisayar.net – Kementerian Pertanian jalin kerjasama dengan Republik Argentina untuk ekspor beberapa jenis buah tropis, lada, kopi dan sarang burung walet. Hal ini merupakan hasil kesepakatan pertemuan Menteri Pertanian Amran Sulaiman dengan Wakil Presiden Argentina Gabriela Michetti, di Kantor Kementerian Pertanian.

Menteri Amran katakan, pertemuan dengan Michetti, membuka peluang untuk Indonesia mengekspor produk holtikulturanya, berupa salak, manggis, nanas, pisang, kopi, lada dan sarang burung walet.

“Ini skala prioritas karena kami sudah menyuarakan mohon segera ditindaklanjuti, Wakil Presiden Argentina meminta ke stafnya untuk tidak ditunda,” kata Menteri Amran, di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (8/5).

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Amran juga minta agar Indonesia dapat keistimewaan ekspor komoditas ke Argentina, dengan mengekspor langsung tanpa harus transit di Singapura atau Malaysia. “Kita biasa transit dulu ke Singapura dan Malaysia, jadi kita minta langsung direct ke negara tujuan,” ujarnya.

Menurut Menteri Amran, fasilitas ekspor langsung ke negara tujuan merupakan hal yang sulit didapat. Tanpa berfikir panjang Michetti menyetujui usulan tersebut, ketika ditanyakan besaran ekspor ke Argentina dia tidak bisa menyebutkan.

“Beliau tanpa basa basi setuju. Itu yang paling sulit kita buka ekspor langsung ke Argentina. Angkanya belum bisa,” tandasnya.